Kamis, 16 Agustus 2012

Laporan Infant Warmer hasil PKL... :p



3.1.1        Data Pesawat
Nama Alat                         :     Infant Warmer
Merk / Type                       :     GEA MEDICAL / HKN-9010
Daya yang dibutuhkan     :      AC 220V- 230V 50/60 Hz
Daya input                        :     700 VA
  
3.1.2        Prinsip Dasar
Infant berarti bayi dan Warmer berarti penghangat. Jadi Infant Warmer secara bahasa berarti alat untuk menghangatkan bayi. Alat ini difungsikan sebagai tempat perlindungan bagi bayi yang lahir dini (Premature). Alat ini hanya sebagai tempat singgah sementara untuk menstabilkan  suhu tubuh bayi yang lahir dan mengalami hipotermia. Dengan adanya panas (heater)  yang dihasilkan oleh alat ini, maka bayi yang lahir tidak normal (warna biru pada tubuhnya) dikarenakan suhu tubuh yang kurang akan merasa hangat. Jika suhu tubuh bayi sudah stabil atau dirasa sudah normal, maka bayi dapat dipindah ke bed bayi biasa.
Komponen utama dari infant warmer yaitu heater dan kontrol suhu. Penghangat pada infant warmer menggunakan  elemen kering yang diletakkan diatas bayi yang suhunya dapat diatur sesuai kebutuhan. Radiasi panas yang mengenai bayi suhunya antara 35- 37 C. Pada kontrol suhu juga terdapat sensor yang diletakkan pada bed bayi yang berfungsi menyensor suhu tubuh bayi. Sensor ini juga berfungsi mengontrol kerja heater agar tidak terjadi over heat.

3.1.3        Prinsip Kerja Alat
Sistem kontrol suhu  pada infant warmer HKN-9010 ada 3 macam, yaitu pre-warm mode, manual control, dan skin mode. Pada saat  alat di tekan tombol START maka secara otomatis alat akan masuk pada pemilihan mode pre-warm. Pada mode pre-warm ini output panas heater ( heating ratio) telah disetting sebesar 25% sampai operator melakukan setting suhu dengan mode lain sesuai kebutuhan.
Untuk pemilihan mode manual control, operator dapat mengatur suhu sesuai dengan kebutuhan dengan menaikkan atau menurunkan heating ratio. Sedangkan apabila operator memilih skin mode, maka secara otomatis alat akan disetting pada suhu 36 C dengan timer yang dapat disetting.
Setting suhu dan setting timer ditampilkan pada display. Untuk menaikkan atau menurunkan suhu dan pengaturan timer dipakai tombol up dan down.

3.1.4        Gambar Pesawat
Gambar keseluruhan pesawat 



KETERANGAN :
    1.          I.V.Pole : digunakan untuk menggantung botol infus dengan beban maksimal 2 kg.
    2.          Radiant box : dapat digerakkan secara bebas dalam keadaan horizontal yaitu 00~900.
    3.          Temperature controller  : terdapat alarm sensor, alarm kegagalan daya, alarm suhu berlebih, alarm penyimpangan, alarm untuk kegagalan pengaturan dan system.
    4.          Infant bed : dapat disetel dalam 00~100.
    5.          Wheel : jumlah total 4 buah roda, 2 diantaranya memiliki rem.
    6.          Organic glass panel : mencegah pergeseran infant bed
    7.          Tray : digunakan untuk menaruh benda-benda yang dibutuhkan dengan  beban maksimal 2 kg saat alat sedang digunakan.

3.1.5        Blok Diagram


3.1.6        Cara Kerja Blok Diagram
Pada saat pesawat di On kan, maka power supply akan memberikan supply pada semua rangkaian. Control unit berfungsi sebagai pengontrol utama dari kerja seluruh rangkaian. Pertama dilakukan setting timer untuk lama proses  alat bekerja dan setting suhu untuk mengatur output panas yang dikeluarkan oleh heater untuk menghangatkan bayi. Tampilan setting timer dan setting suhu ditampilkan pada display. Pada saat tombol START ditekan maka control unit akan mengontrol kerja timer dan heater sesuai dengan yang telah disetting. Pada saat heater bekerja, panas yang dihasilkan disensor oleh kontrol suhu yang diletakkan pada matras bayi. Kontrol suhu ini difungsikan agar radiasi panas yang diterima bayi di atas matras tidak berlebihan karena hal ini sangat berbahaya. Jadi heater akan berhenti bekerja pada saat suhu setting telah terpenuhi dan akan kembali bekerja secara otomatis ketika suhu turun. Apabila suhu melebihi settingan atau timer sudah habis, maka control unit akan memerintahkan heater untuk berhenti bekerja dan buzzer akan berbunyi. Alat ini dilengkapi dengan baterai untuk menyimpan memory yang terdapat pada IC control unit jika suatu waktu terjadi kegagalan system dan alat seketika berhenti bekerja.
3.1.7        Cara Pengoperasian
1)        Hubungkan kabel power ke jala-kala PLN.
2)        Tekan Switch ON pada pesawat maka power indikator akan menyala.
3)        Pilih mode skin untuk pemilihan mode penghangat.
4)        Setting suhu 37 C dan setting timer sesuai kebutuhan. Tunggulah sampai display suhu bawah (Real Temperatur) sama dengan suhu atas (Seted Temperatur). Setelah sama barulah letakkan bayi.
5)        Apabila waktu telah habis maka buzzer akan berbunyi.
3.1.8        Pemeliharaan
1)        Periksa dan bersihkan bagian-bagian alat
2)        Periksa kondisi lampu elemen pemanas, ganti bila perlu.
3)        Periksa fungsi indikator alarm dan timer.
4)        Periksa konektor sensor suhu, kabel konektor lain dan kabel power.
5)        Periksa grounding pada alat untuk mencegah terjadinya arus bocor.

3 komentar:

  1. ada info tentang blue light therapy gak,.??

    BalasHapus
  2. cara kalibrasi infant warmer gimana ya?

    BalasHapus